Senin, 08 Agustus 2016
RINCIAN TUGAS PENGELOLA PERPUSTAKAAN
1.2. Rincian Tugas :
1. Penanggung Jawab Perpustakaan
Kepala sekolah selaku penanggung jawab terlaksananya perpustakaan menetapkan garis dasar program dan kebijaksanaan pengelolaan, memberi petunjuk pengelolaan, peninjauan dan menilai jalannya pengelolaan secara operasional.
2. Kepala Perpustakaan
2.1. Menyusun program kerja dan laporan kerja tahunan
2.2. Melaksanakan dan mempertanggung jawabkan kepada kepala sekolah
2.3. Berkonsultasi dengan para GMP dalam hal kebutuhan buku pengangan
2.4. Menginventarisasi setiap pembelanjaan buku dan semua koleksi
2.5. Mengelola administrasi perpustakaan
2.6. Melaksanakan pengadaan bahan pustaka
2.7. Mengkoordinasi dan mengawasi pengadaan pengelolaan perpustakaan
2.8. Menyediakan kelengkapan perpustakaan
3. Kabag pelayanan Teknis
3.1. Melaksanakan pengadaan bahan koleksi
3.2. Mengelola bahan pustaka
4. Kabag Pelayanan Pengguna
4.1. Melakukan pengarahan pemustaka dalam mengisi daftar pengunjung
4.2. Bekerja sama dengan Kepala perpustakaan dalam mengelola Perpustakaan
4.3. Mempersiapkan data – data yang dibutuhkan mengenai : data statistik pengunjung dan peminjam
4.4. Melayani peminjaman dan pengembalian koleksi dan administrasinya
4.5. Mengawasi keutuhan koleksi, membuat catatan harian pengisian buku daftar pengunjung
4.6. Membuat surat
4.7. Melakukan pelestarian/perawatan bahan pustaka
7
1.3. Pembenahan Administrasi Rumah Tangga Perpustakaan
1.3.1. Penulisan dan pembenahan tata tertib peraturan peminjam.
1.3.2 Penulisan grafik peminjam dan pengunjung
1.3.3 Pengisian grafik dalam tahun 2016/2017
1.2.4. Perbaikan koleksi yang sudah rusak dan arsip surat
1.2.5. Meneruskan input koleksi buku dengan system komputerisasi
1.2.6. Melengkapi administrasi pengelolaan perpustakaan
1.2.7. Penjajaran tempat dan koleksi buku
1.2.8. Pembuatan kartu katalog dengan program aplikasi
1.2.9. Pembenahan tata tertib dan jadwal kerja serta daftar pengnjung
1.4. Pengadaan Perabot dan peralatan Perpustakaan.
Pengadaan perabot / peralatan yang perlu diadakan antara lain :
1.4.1. Pengadaan kursi, meja baca dan petugas.
1.4.2. Pengadaan Pigura berbagai jenis gambar dan lukisan
1.4.3. Pengadan barcod reader
1.4.4. Pengadaan ATK
1.4.5. Pengadaan sarana penunjang Audio vidio
1.4.6. Pengadaan alat kebersihan dll
1.4.7. Pengadaan bahan pelestarian
1.4.8. Pengadaan rak
1.4.9. Pengadaan penunjang kenyamanan ruangan
2. PROGRAM KERJA BIDANG PENGADAAN BAHAN PUSTAKA
2.1.Pembelian
Pengadaan bahan pustaka yang telah dilakukan oleh Perpustakaan SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara melalui pembelian yaitu, pengadaan langsung dengan dana dari RAPBS . Adapun pengadaan bahan pustaka dilaksanakan secara langsung ke Toko Buku dan Penerbit dengan prosedur sebagai berikut:
2.1.1. Menyeleksi bahan pustaka.
2.2.2. Membuat daftar bahan pustaka.
2.2.3. Menyusun desiderata hasil kuesioner dari pemustaka dan berdasrkan katalog penerbit.
2.2.4. Merencanakan anggaran yang berasal dari RAPBS
2.2.5. Pembelian langsung ke Toko Buku dan online
2.2.6. Pelaksanaan pembayaran oleh petugas perpustakaan.
2.2. Pembentukan tim seleksi, monitoring
2.2.1.Kebutuhan koleksi oleh tim , penyerahan hasil monitoring kepada kepala perpustakaan.
2.2.2. Kepala perpustakaan mengadakan pengadaan kebutuhan koleksi
2.2.3. Kepala melaksanakan pembelian koleksi dan melaporkan SPJ
8
2.3. Pengembangan koleksi bahan pustaka dengan skala prioritas sebagai berikut :
2.3.1. : Buku fiksi
2.3.2. : Buku Teknik
2.3.3. : Buku kamus
3. PROGRAM KERJA BIDANG PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA
3.1. Pengecapan
Pengecapan adalah pemberian tanda dengan stempel pada bahan pustaka bahwa koleksi atau buku tersebut merupakan milik perpustakaan,Adapun proses pengecapannya tanpa mengganggu teks, yang ada. Bentuk cap terdapat 5 (lima) jenis yaitu:
3.1.1. Cap Dinas
3.1.2. Cap Inventaris
3.1.3. Cap rahasia
3.1.4. Cap pengadaan
3.1.5. Cap infak
3.2. Inventarisasi yang meliputi :
3.2.1. Pencatatan koleksi buku/non buku yang diterima perpustakaan
3.2.2. Pencatatan penerimaan langganan terbitan surat kabar/majalah
3.2.3. Pencatatan koleksi sumbangan pada buku sumbangan
3.2.4. Mencatat semua koleksi pada :
3.2.4.1.Buku inventaris perpustakaan
3.2.4.2 Buku induk perpustakaan
3.2.4.3 Buku daftar majalah, sumbangan
3.2.4.4 Buku daftar koleksi bukan buku
3.2.4.5 Buku lain-lain
3.2.5. Melaksanakan pengecapan koleksi
3.2.6. Memasang Label,lembar tanggal kembali,Barcode.
3.2.7. Menyimpan koleksi buku pada rak buku sesuai dengan jenis dan golongan koleksi serta menjaga kerapian.
3.3. Klasifikasi
Pengelompokan koleksi menurut (jenis) tertentu dengan cara tertentu / Dewey Decimal Clasification (DDC)
3.4. Katalogisasi sebagai pengganti bahan pustaka meliputi :
3.4.1. Pembuatan kartu catalog dengan aplikasi slims
3.4.2. Pencetakan kartu catalog
3.4.3. Penyimpanan dan arsip
3.5. Perlengkapan buku meliputi :
3.5.1. labeling
3.5.2. Barcod buku dan nonbuku
3.5.3. Lembar tanggal kembali
9
4. PROGRAM KERJA BIDANG PELAYANAN BAHAN PUSTAKA
4.1. Sirkulasi meliputi :
4.1.1. Penyediaan administrasi peminjaman antara lain :
4.1.1.1. Buku peminjaman untuk : Kelas I, II , III semua jurusan
4.1.1.2. Buku peminjaman untuk : Guru dan karyawan
4.1.2. Pemberlakuan peraturan peminjaman disertai dengan pemberian sangsi kepada para peminjam yang jelas dan tegas.
4.1.3. Pemberlakuan hukuman denda kepada anggota yang terlambat mengembalikan koleksi/buku.
4.1.4. Pembuatan dan pemasangan jadwal pelayanan kunjungan / peminjaman.
4.1.5. Menyelesaikan dengan segera kasus – kasus yang ditemui dan menulisnya di buku catatan.
4.1.6. Perlu adanya ketelitian dan kecermatan terhadap keadaan buku / koleksi yang akan di pinjamkan.
4.1.7. Sirkulasi pada tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan program komputerisasi, dan untuk jangka panjang diprogram untuk perpustakaan digital.
4.1.8. Mencatat semua pengunjung dan tujuannya
4.1.9. Membuat informasi
4.1.10. Merekap data pengunjung,peminjam serta grafik
4.1.11. Membuat Buku peminjam 1 hari kembali
4.2. Pembinaan minat baca pada siswa supaya siswa memiliki sifat minat membaca yang dapat dilakukan secara individual maupun kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung.
4.3. Layanan ruang baca umum
Layanan ruang baca umum diperuntukan bagi pemustaka yang memerlukan membaca ditempat saja, dengan koleksi buku fiksi dan nonfiksi.
5.3. Layanan ruang baca tenang (Study Carel)
Sarana ruang baca ini digunakan bagi pemustaka yang menginginkan privasi dan ketenangan serta keluluasaan dalam membaca sehingga tanpa terganggu pembaca yang lainnya.
4.5 Layanan referensi
Layanan referensi adalah layanan baca ditempat khusus bagi pemustaka yang membutuhkan informasi karena biasannya tidak perlu dibuka atau dibaca keseluruhan namun hanya dibutuhkan info-info.
4.6. Layanan Peningkatan Minat Baca
Layanan bimbingan ini meliputi konsultasi tentang pembuatan madding, cara menulis, membuat karya tulis, esai, dll bagi anggota yang memerlukan untuk mengerjakan tugas dan dalam rangka mengikuti lomba dan penyediaan buku-buku sesuai minat baca pemustaka
10
4.7. Layanan pembuatan kartu anggota perpustakaan
Layanan bagi anggota yang akan mendaftar sebagai anggota perpustakaan agar dapat meminjam bahan pustaka yang ada. Dan di perpustakaan ini anggota terdaftar karena status telah menjadi Murid SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara.
4.8. Layanan kegiatan belajar mengajar dan Kunjungan wajib
Layanan ini bertujuan sebagai sarana menunjang dalam kegiatan belajar mengajar bagi murid dan Guru yang membutuhkan peralatan seperti LCD Proyektor agar pelajaran lebih praktis.
4.9.Layanan teknologi dan informasi
Layanan dalam penggunaan aplikasi, computer dan internet
4.10.Layanan audio visual
Layanan audio visual adalah layanan untuk informasi yang bersumber dari audio visual, seperti kegiatan belajar mengajar dalam audio video serta
berfungsi sebagi rekreasi. Misalnya berita/informasi yang di siarkan melalui Televisi, pemutaran Fil, CD, DVD dll.
4.11.Layanan diskusi/Pendidikan Pemakai
Layanan kepada pemustaka agar mampu mendayagunakan perpustakaan dilengkapi meja diskusi yang diperuntukan kepada pemustaka yang sering melakukan diskusi kelompok misalnya anggota OSIS, Pramuka, PMR dll
4.12.Layanan internet
Memberikan kesempatan kepada para pengunjung yang memerlukan informasi yang harus didapat di internet, dan sebagai perwujudan pelayanan pengetahuan dan teknologi internet.
4.13.Layanan jasa Pengetikan dan Printer.
Layanan ini diperuntukan bagi pemustaka yang memutuhkan pengetikan dan cetak file seperti pembuatan Tugas Akhir/Proposal/Laporan/Tugas GMP dll.
4.14.Pemberian rewadr / hadiah
Layanan ini diberikan kepada pemustaka yang aktif dalam berkunjung memanfaatkan koleksi bahan pustaka (membaca,merangkum,meminjan dll).
4.15. Layanan penitipan barang
Layanan ini bertujuan demi keamanan bahan pustaka dari kehilangan, dan kenyamanan didalam ruangan.
4.16. Layanan cetak foto
Layanan ini diberikan kepada pemustaka yang membutuhkan jasa cetak foto.
4.17.Layanan Scaneer
Layanan ini diberikan kepada pemustaka yang membutuhkan jasa cetak scan.
4.18 .Layanan Penelusuran Informasi
Layanan ini diberikan kepada pemustaka yang membutuhkan informasi yang dibutuhkan dan memerlukan bantuan dalam mencari.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar